20 Tips Pada Pemrograman Synth

Kita semua pernah mengalami ledakan kreativitas yang terus mendapatkan suara barudapat membawa – tetapi tidak mampu membayar synths baru dan modul suara jugaperasaan akrab. Simon Lowther menawarkan beberapa tips untuk menciptakan suara baru inspiratif tanpa mengeluarkan uang.

Menggunakan suara yang sama lelah lama lagi dan lagi adalah frustasi, tapi itu semuaterlalu mudah menganggap bahwa satu-satunya cara untuk keluar dari kebiasaan ini adalah untuk membuka buku cek Anda, ketika itu mungkin bahwa Anda tidakmemanfaatkan peluang pemrograman yang ada peralatan menawarkan. SuaraPemrograman dapat dilakukan dengan analisis buta memutar-mutar atau berhati-hatidan konstruksi terampil – masing-masing pendekatan akan menghasilkan hasil yang berbeda, dan keduanya berlaku. Jika Anda sudah memiliki pilihan yang baik roti-dan-mentega suara di perpustakaan Anda (sebagai instrumen yang paling lakukan hari ini), Anda hanya dapat menikmati bereksperimen dan menyesuaikan.

1. Tidak semua parameter synth memiliki efek yang sama pada suara. Beberapasuara-editing parameter membuat perbedaan besar dan mudah untuk mendapatkandan memahami – Anda dapat, misalnya, melakukan sejumlah besar hanya dengancutoff filter, serangan amplop, rilis, dan kedalaman LFO dan jumlah. Detuning osilatorjuga sangat efektif untuk mendapatkan suara, lebih gemuk lebih hangat.

 
 
2. Beberapa ide sederhana untuk efek besar: menyesuaikan pengaturan penyaring memberikan jangkauan terluas nada baru. Tempat yang baik untuk memulai adalah cutoff dan sumber modulasi yang mempengaruhi, terutama jumlah amplop, pelacakan keyboard, kecepatan keyboard dan pengaturan amplop filter. Bidang lain yang menarik pada instrumen sampel-dan-sintesis adalah bentuk gelombang yang sebenarnya sedang diproses. Apakah Anda pernah benar-benar melangkah melalui dan mendengarkan semua bentuk gelombang yang tersedia di synth Anda?

3. Ketika inspirasi melakukan pemogokan, atau Anda menghadapi situasi di mana Anda berada di bawah tekanan untuk mendapatkan hasil dengan cepat, sedikit persiapan sebelum membantu. Beberapa synths datang disertakan dengan perangkat lunak suara-editing template, termasuk N5 Korg, Waldorf Microwave II, dan beberapa Yamaha. Tentu saja synths paling tidak seperti ini, sehingga membayar untuk menyimpan perpustakaan tempat untuk mulai mengedit dari ke tangan, sebaiknya dengan pengaturan amplop favorit dan rute modulasi ditugaskan ke tujuan Anda yang umum digunakan. Saya merasa sangat berguna untuk memiliki setup multitimbral preassigned dengan suara dan saluran MIDI, setiap volume yang diberikan relatif berguna dan pengaturan efek untuk cepat meluncurkan lagu baru. Setelah Anda mulai untuk merancang suatu pengaturan yang dapat Anda mulai hacking template untuk bit dan menyimpan hasilnya dengan data lagu Anda. Cobalah beberapa rumah: toko suntingan suara Anda dalam file terpisah atau disk untuk setiap proyek. Ini perasaan yang luar biasa ketika kreativitas Anda tidak terhambat oleh jam pengeluaran mencoba untuk menemukan bahwa suara yang hilang.

4. Pada hari-hari ketika inspirasi lolos saya saya perlu suara baru – tetapi pada hari-hari suara-konstruksi inspirasi biasanya telah pergi juga! Untuk menyiasati hal ini saya menggabungkan suara yang ada saya suka, terutama dari synths terkait karena sering ‘gel’ bersama-sama lebih baik. Roland Junos dan JXs, atau PCM Korg synths bekerja dengan baik dalam konteks ini. Anda dapat mencampur dan mencocokkan lapisan baik sebagai multi dalam Korg atau Roland atau dengan mengimpor lapisan ke dalam program dengan synths Proteus dan Kurzweil. Either way, ini adalah cara cepat dan mudah mendapatkan suara baru.

5. Pengaturan sebuah sering membuat sebuah lagu menonjol, dan suara adalah bagian dari ini. Ketika pemrograman untuk sebuah lagu tertentu atau pengaturan, jangan hanya berkonsentrasi pada melodi yang kuat dan suara bass. Pikirkan dalam hal waktu, serta nada, dan melihat jangka panjang suara. ‘Ambient’ menyapu dan bantalan lain dapat menambah dimensi dan ruang untuk pengaturan cukup sederhana. Memanfaatkan suara berkembang – ini bukan hanya berguna untuk meanderings New Age. Ada beberapa contoh besar di trek pop terakhir.

6. Untuk musik banyak, dan khususnya musik tari, tempo adalah segalanya. Ada saat dimana waktu LFO dan sumber modulasi lainnya harus sesuai dengan musik untuk menghentikan hal-hal dari terdengar berantakan. Tergantung pada synth yang Anda gunakan mungkin ada setting untuk sync’ing LFO untuk MIDI – bahkan mungkin patut memeriksa manual! Para Kurzweil K2000 seri instrumen meminta Anda untuk memilih jam MIDI sebagai sumber modulasi; produsen synth lain mungkin menyebutnya clock eksternal atau sync tempo, seperti pada Roland MC505. Ini perlu dicatat bahwa vibrato dalam musik orkestra yang sering berhubungan dengan tempo juga, meskipun mereka vibrato kecepatan atas dan ke bawah banyak untuk berekspresi.

7. Jika Anda merekam kinerja yang melibatkan real-time suntingan dan tweak parameter ke sequencer, tetapi tidak dapat diputar ulang semua aspek kinerja Anda, periksa untuk melihat apakah Anda dapat menyesuaikan mengirimkan / menerima parameter MIDI. Ini sering dalam menu global atau MIDI. Cukup beberapa instrumen (Roland JD800 dan Juno 106, misalnya) memiliki pengaturan dapat dipilih untuk menghemat memori atau bandwidth. Kadang-kadang instrumen memiliki spec MIDI lebih baik daripada Anda mungkin berpikir – saya Korg tua T3 benar-benar mengejutkan saya dengan menanggapi real-time suntingan lebih MIDI!

8. Memutar-mutar dengan parameter suara sementara instrumen yang terdengar menambahkan banyak untuk dinamika dan ekspresi dari pertunjukan. Bermain dengan kontroler seperti pitch dan roda modulasi / joystick, kenop, footpedals dan kecepatan keyboard dan aftertouch. Cobalah bereksperimen dengan menetapkan ini untuk setiap parameter yang tampaknya menarik: Anda mungkin mulai dengan volume, pitch, panci, jumlah LFO, atau cutoff filter.

9. Cara lain untuk menghidupkan suara adalah dengan menggunakan sequencer sebagai modul kontrol. Ini cukup umum untuk merekam catatan dan informasi kontroler terpisah. Editor kontroler grafis di sequencer dapat meningkatkan suara, menjadikannya sebagai punchy atau liris yang Anda butuhkan. Anda dapat menggambar pola volume, yang dapat membuat efek gating, atau bentuk LFO yang dapat Anda tetapkan untuk menyaring dan pitch, misalnya. Jika synth Anda memiliki slider panel depan data yang mentransmisikan data MIDI, mungkin akan mengirim kontroler # 6. Coba remapping ini dalam sequencer untuk bertindak sebagai controller lain seperti panci (# 10) atau kedalaman efek (# 91). Lebih jauh lagi, salah satu cara untuk membuat suara bekerja sama dengan baik di trek adalah untuk mengedit dengan sequencer berjalan. Tweak suara di lingkungan mereka dengan susunan penuh berjalan. Set sequencer ke mode loop untuk bekerja pada setiap bagian secara individual. Setelah Anda berkonsentrasi pada suatu perjanjian secara detail, mengobati suara dalam konteks campuran secara keseluruhan, Anda mungkin akan terkejut betapa mentah beberapa upaya sebelumnya Anda dapat suara – saya!

10. Serangan awal adalah bagian paling penting dari suara, karena memberikan pendengar sejumlah besar informasi. Aku sudah tertangkap basah ketika sebelum serangan, atau jumlah informasi di bagian serangan suara, tidak cocok dengan musik.Trek dapat terdengar ceroboh dan Anda tidak bisa menebak mengapa, karena tidak memperbaiki ketika Anda quantise semuanya! Jika ini terjadi, mendengarkan untuk memeriksa bahwa panjang aktivitas suara benar-benar cocok pengaturan tersebut, terutama jika tempo lagu Anda telah diubah sekitar banyak.

11. Menemukan atau menjelajahi pemrograman baru atau tidak biasa permutasi membuka seluruh wilayah dan membuat musik Anda lebih segar kepada Anda dan sangat mungkin lebih menarik untuk pendengar. Jika synth Anda memungkinkan, cobalah modulasi non-standar tujuan. Sebagai contoh, modulasi resonansi dari filter low-pass dengan kecepatan 24dB/octave Keyboard melembutkan nada serangan, sebagai meningkatkan resonansi benar-benar dapat menurunkan volume pada beberapa suara – atau, dalam ekstrim, dapat membuat peluit filter pada tinggikecepatan karena diri berosilasi. Anda bisa menggunakan osilator audio-frekuensi untuk memodulasi pitch atau filter untuk memberikan nada keras. Jika Anda sering menggunakan LFO lambat menyapu mencoba yang cepat untuk perubahan dan sebaliknya. Rute modulasi Beberapa Saya pribadi suka adalah:

Lambat LFO untuk menyaring cutoff memberikan perubahan timbre lambat siklus – yang besar pada bass dan bantalan.
Keyboard pelacakan ke pan posisi. Jika Anda memiliki dua lapisan, mengapa tidak pergi negatif pada satu lapisan dan positif di sisi lain, untuk menambahkan animasi?
Modulasi roda untuk parameter amplop – ini adalah baik pada string dan bantalan.
Kontrol slider untuk amplifier dengan dua lapisan, satu negatif dan satu positif, memberikan yuni, dan juga dapat digunakan untuk membuat fade-in dan fade-out dari lapisan tertentu (ini baik dengan lapisan orkestra besar).
* Velocity untuk parameter filter, yang berarti suara sentuh yang responsif dalam nada serta volume. Jangan lupa bahwa aftertouch dapat menjadi besar untuk menyapu dan membengkak juga. Aku kadang-kadang menemukan bahwa hanya menambah vibrato sederhana adalah efektif, pemanasan suara statis baik.

 
 
12. Buatlah upaya untuk menyelidiki daerah yang belum dijelajahi dari synth Anda. Bagi saya, prosesor efek adalah tempat yang baik, seperti pengaturan keyboard pelacakan, yang dapat menghasilkan segala macam hasil mengejutkan sambil bermain sepanjang keyboard. Jika synth Anda memiliki berbagai mode filter, Anda bahkan memiliki dieksplorasi mereka? Pada instrumen S & S, menggali sedikit lebih jauh ke dalam menu, dan cobalah memilih bentuk gelombang Anda biasanya tidak digunakan.
13. Satu rahasia untuk menghancurkan bass adalah untuk memotong saringan dengan sinus atau gelombang segitiga, dan mencampurnya kembali dengan suara, punchy cerah. Jika synth Anda tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukan ini dalam program Anda bisa mencoba layering dua suara untuk mencapai hasil yang sama.

14. Jika Anda menciptakan suara synth vintage yang pada Anda, melihat spesifikasi dari synth asli Anda menyalin untuk melihat apa fitur unik menghasilkan suara merek dagang. Kebanyakan SOS pembaca, misalnya, tahu bahwa Minimoog tidak sentuh yang sensitif, yang dua amplop yang tidak konvensional (peluruhan dan pelepasan kali dikendalikan oleh tombol yang sama, dan switch mati rilis jika diinginkan), bahwa ia memiliki tiga osilator, tetapi hanya dua jika Anda menginginkan LFO, dan sebagainya.Para TB303, yang juga sering diciptakan kembali, memiliki satu osilator untuk gelombang persegi atau gigi gergaji, sebuah 18dB biasa low-pass filter, dan hanya satu amplop sederhana. Beberapa efek hinaan bagus adalah merek dagang kinerja, dibuat dengan portamento yang merespon Legato bermain.

15. Jika Anda benar-benar ingin suara tertentu, Anda hanya mungkin harus menggunakan synth itu atau sampel itu. Jenis tertentu suara hanya jatuh dari instrumen tertentu dan bukan yang lain. Saya menghabiskan tahun mengabaikan ini, dan berjuang untuk menyalin suara dengan gigi yang salah.

16. Cara cepat untuk mendapatkan suara baru adalah untuk mematikan efek onboard dan bermain melalui unit efek eksternal. Dan berbicara tentang efek, distorsi halus telah menjadi populer dan digunakan untuk membuat suara lebih keras. Hal ini perlu ditelusuri sebanyak delay, chorus, EQ dan reverb.

17. Jika Anda tenggelam dalam multi-layer kekacauan dan hasilnya tidak terdengar benar, Anda mungkin menemukan kurang lebih – coba gunakan hanya satu VCO atau satu EG untuk perubahan. Suara sederhana dapat memberikan kontras punchy dan efektif.

18. Jika Anda merasa Anda tahu synths Anda terlalu baik dan semakin bosan, satu trik yang dapat bekerja jika Anda memiliki beberapa instrumen untuk beralih peran mereka.Misalnya, coba gunakan instrumen yang biasanya Anda gunakan untuk bass untuk menghasilkan bantalan atau bahkan sebagai piano – dengan asumsi polifonik itu, tentu saja! Workstation PCM dapat menghasilkan suara perkusi bass biasa.

 
19. Belajar untuk hidup dengan satu mesin untuk beberapa waktu dan benar-benar mengenal itu. Menjelajahi secara mendalam sering memberikan hasil yang lebih pribadi.Membawa dalam synth baru meningkatkan kreativitas, tapi kadang-kadang butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang tidak terdengar buruk tanggal di kemudian hari. Adabanyak contoh terkenal selama bertahun-tahun, dari DX7 piano listrik ke D50 Roland’Fantasia’ dan patch ‘Tari asli Digital’, berbagai Korg M1 patch seperti ‘Pole’, dan banyak loop sampel. Saya menduga bahwa menyapu seluruh campuran dengan low-pass filter juga akan terdengar lelah di tahun-tahun mendatang …
20. Sebaliknya, jangan terlalu takut, atau sombong tentang, pengaturan standar, pihak ketiga atau bahkan suara MIDI Umum jika mendapat hasil yang Anda inginkan – banyak pengguna dihormati telah memiliki hingga menggunakan mereka. Anda hanya perlumendengarkan beberapa pengaturan terampil dari komersial pembuat file MIDI untuk menemukan apa yang bisa dicapai dengan suara standar dan berpikir lateral.
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: