Kacamata Pelindung Penyakit

Kacamata saat ini banyak fungsi dan kegunaannya. Jika dulu hanya dipakai oleh orang yang mengalami rabun, minus, plus, atau penyakit sejenis lainnya, kini rupanya kacamata juga telah menjelma menjadi aksesoris pelengkap mode. Bentuk kacamata hitam yang berguna untuk mengurangi efek sinar matahari langsung kini juga makin beraneka. Sangat stylish dan modis.

Namun, jika Anda tahu, ternyata fungsi kacamata masih banyak lagi. Salah satunya adalah unuk melindungi mata dari beberapa penyakit mata. Hal ini diungkap oleh Asosiasi Ahli Kacamata Amerika Serikat (AOA). Mereka menganjurkan menggunakan kacamata untuk mengurangi efek sinar ultraviolet matahari yang konon bisa menyebabkan berbagai penyakit mata.

Menurut penelitian tersebut, orang yang jarang menggunakan kacamata pada saat berpergian di siang hari dapat terkena katarak, pterygium, radang kornea, bahkan menurunnya fungsi kornea.  Selain itu, penyakit seperti iritasi, pandangan kabur, mata memerah hingga yang paling parah-kebutaan-dapat terjadi karena kurangnya perlindungan pada mata.

Menurut salah satu anggota komisi AOA, Gregory Good, kita dapat melindungi mata dengan memakai topi atau kacamata hitam yang dapat menyerap radiasi sinar ultraviolet dengan benar. Sayang, masih banyak masyarakat yang kurang sadar. Hal ini terbukti pada survei AOA tahun 2007. Sebanyak 40 % orang-orang di Amerika berpikir bahwa membeli kacamata hitam bukanlah hal yang penting untuk melindungi mata dari cahaya matahari.  Sebanyak 61 % orang Amerika membeli kacamata hitam untuk anak-anak mereka, dan sebanyak 23% diantaranya tidak mengecek apakah lensa kacamatanya memiliki pelindung sinar ultraviolet.

Jadi, termasuk golongan yang manakah Anda?

http://www.andriewongso.com/artikel/aw_corner/1449/Kacamata_Pelindung_Penyakit/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: