Tips Cara Mudah Bergaul Yang Baik

Seringkali orang merasakan susahnya memiliki pergaulan, tapi ada juga yang dikaruniai dengan kelebihan mudah bergaul dan membina relasi. Kita pun seringkali merasa berkecil hati karena cara bergaul kita yang tidak sama dengan orang lain, meskipun kita sudah ngotot berusaha menciptakan pergaulan. Termasuk saya di antaranya. Di artikel ini, saya akan berbagi pengalaman yang pernah saya alami dan rasakan yakni tentang tips atau cara agar mudah bergaul yang baik.
Setiap orang dilahirkan dengan karakter yang berbeda yang merupakan satu kombinasi unik dari garis keturunan dan pengalaman hidup. Faktor pengalaman hidup itulah yang menjadi alasan kenapa kita dengan saudara kandung tetap saja memiliki karakter yang berbeda. Karakter kita dibangun di atas beragamnya suasana sedih dan senang yang pernah kita alami sebelumnya.
Kenapa kita tidak mudah bergaul? Menurut hemat saya, itu karena diri kita sendiri yang membuat batasannya. Bila kita terbiasa melihat kesempurnaan, maka yakinlah kita akan susah bergaul. Tentu saja karena sangat susah menemukan orang yang menghampiri kesempurnaan di dunia ini. Selain itu, menjadi pribadi tertutup juga adalah alasan untuk menjadi susah bergaul. Lah, bagaimana bisa bergaul kalau kita tidak mengekspresikan diri, trus apa yang membuat orang lain tertarik untuk bergaul dangan kita. Gak ada kan?
Seringkali kita salahkan orang lain atas ketidakmampuan yang kita miliki termasuk di antaranya kita tidak mengetahui cara bergaul yang baik. Padahal bila kita bercermin pada diri sendiri, sejauh mana kita mau menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. Sejauh mana kita mau menambah pengetahuan untuk dijadikan bahan dalam bergaul dengan orang lain. Dan, sejauh mana kita mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Itu yang jarang kita gali dari diri kita, karena sibuk hanya untuk mengatur orang lain, padahal diri kita saja tidak beres.
Bergaul yang baik itu bisa dipelajari, jadi jangan berkecil hati karena itu bukan karakter bawaan dari keluarga. Karakter bisa diubah bila memang kita betul-betul mau mengubahnya. Jangan menutup diri untuk sesuatu yang wajar, dan hargailah pendapat dan karakter orang. Yang jelas, kita harus punya karakter khusus untuk bisa membuat diri kita menarik agar orang lain mau mendekat ke kita. Baik itu kecerdasan, hobby, ide, maupun keberhasilan kita. Bergaul itu pasti ada azas manfaatnya, maka taburlah manfaat ke semua orang, maka pergaulan akan tercipta tanpa ada duga sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: