Makanan Indonesia Berpotensi Mendunia

Rendang, masakan asal Padang, Sumatra Barat, ditetapkan CNN sebagai makanan terlezat di dunia.Master Chef asal Prancis Christope Megel mengatakan, banyak makanan Indonesia berpotensi mendunia. Hanya saja, dalam cara penyajiannya masih bersifat tradisional.

“Kuliner Indonesia sangat beragam dan berpotensi besar untuk ditawarkan secara global dan mendunia. Namun, cara penyajiannya masih sangat tradisional, beberapa koki sudah dapat mengubah cara penyajian menjadi lebih modern,” katanya dalam acara perkenalan akademi kuliner yang dipimpinnya, “At-Sunrice GlobalChef Academy”.

Megel memang tak asal berucap. Buktinya, pada September lalu, stasiun berita CNN menetapkan daging sapi yang direbus perlahan dalam campuran santan, serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe dan cabai, yang lazim disebut rendang, sebagai makanan terlezat di dunia.

Rendang mengungguli sushi asal Jepang (peringkat ke-3) dan Tim yam goong (ke-4) dari Thailand. Selain Rendang, sate pun ditetapkan menjadi makanan terlezat ke-14 di dunia.

“Bila Anda memiliki makanan tradisional yang populer secara global, Anda harus benar-benar menjaga tradisi, nilai historis dan resepnya karena bahaya dari popularitas adalah penurunan kualitas masakan itu sendiri. Anda akan menyesal bila hal itu terjadi,” jelas Megel.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/15784-makanan-indonesia-berpotensi-mendunia.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: