2012, Tahun Kemunduran Teknologi?

Headline

Tepat sebelum Natal, IBM mengumumkan komputer pembaca pikiran dan akan selesai pada 2017. Namun secara keseluruhan, para ahli dan analis tak melihat banyak inovasi yang muncul dalam waktu dekat, malah cenderung lesu.

“Laboratorium inovasi dan perusahaan yang lebih besar menahan sejumlah inovasi hingga mereka benar-benar bisa menguangkannya. Meski begitu, kita tetap akan melihat inovasi di sekitar penghematan biaya dan arus informasi,” kata mitra dan pendiri firma konsultan ARRYVE Chris Stephenson.

Analis lain bahkan lebih kritis. Profesor Michael goul, Ketua Fakultas Sistem Informasi di WP Carey School of Business Arizona State University, mengatakan, ‘layaknya katak dalam blender,’ prediksi teknologi tahun ini juga tampak menghadapi banyak masalah seperti tahun lalu.

“Untuk 2012, sebagian besar prediksi masih seputar pengulangan,” kata Goul. Teknologi baru tak lagi muncul gemerlap dan membuat dampak besar, teknologi berkembang perlahan seiring waktu, lanjutnya.

Meski teknologi menjadi lebih luas dalam kehidupan sehari-hari manusia dibanding sebelumnya, teknologi akan stagnan, lanjutnya lagi. “Tak mungkin menghentikan momentum konsumerisasi teknologi pada 2012,” kata Nahum Gerson dari Institute for Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang terkenal sebagai masyarakat profesional terkemuka untuk kemajuan teknologi.

Namun, konsumerisasi ini bukanlah hal sama seperti inovasi, ini inkremental. Para analis mengatakan, tren teknologi teratas untuk 2012 akan menyerupai yang terlihat di 2011 dan 2010 dengan beberapa nuansa kecil.

Misalnya, seiring makin banyaknya smartphone mengisi saku pengguna, makin banyak pula hacker (peretas) membidik BlackBerry dan iPhone, baik di rumah atau tempat kerja.

“Pemilik Smartphone makin membayar harga tinggi untuk aplikasi mobile gratis di mana 2012 ditetapkan menjadi tahun menyebarnya aksi hacking,” kata Dr Jeffrey Voas dari IEEE yang meneliti dan menemukan malware di lebih dari dua ribu aplikasi smartphone gratis.

Voas mengatakan, aplikasi gratis tersebut akan ‘menjadi titik akses paling umum bagi peretas selama 2012. Teknologi mobile akan terus mengubah kehidupan rumah dan kantor di mana tenaga kerja harus selalu terhubung dan pengguna menuntut aplikasi mobile yang mampu meniru pengalaman desktop.

Artinya, makin banyak media tabel dan tablet serta aplikasi yang lebih mobile dan komputasi awan akan makin mempengaruhi konsumen, kata para ahli. “Mempermudah akses aplikasi software tiap pengguna telah menjadi tren perusahaan untuk tahun ini,” katanya.

Namun, masih ada harapan untuk inovasi masa depan di mana masih ada bagian penelitian dan pengembangan, start-up dan laboratorium universitas, lanjut mereka. “Sejauh universitas pergi, inovasi akan tetap hidup dan sehat,” kata juru bicara University of Southern California (USC) Ian Murphy.

Murphy mengatakan, sebanyak 13% mahasiswa tahun ini mengambil kelas kewirausahaan di USC. Ia menyimpulkan, jika bukan hari ini, dan bukan besok, inovasi akan kembali pada pekan depan.

“Ada kasus menarik di mana sektor inovasi yang kuat dengan potensi besar akan menetes menjadi bisnis besar,” katanya. Jika hal ini tak datang dari USC, selalu ada mesin pembaca pikiran milik IBM. [mdr]

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1816229/2012-tahun-kemunduran-teknologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: