10 kelebihan Google Plus (Google+) dari Facebook

Kelebihan Google Plus Google+ dibanding Facebook

Dua minggu sejak diluncurkan, website Google+ telah memiliki pendaftar atau anggota sebanyak 10 juta orang lebih dan diprediksi akan mencapai 20 juta pada akhir minggu ini. Media-media pers dunia seperti majalah Time dan televisi CNN, dan media nasional seperti Koran Tempo, Detik Com, atau Kompas, hampir setiap hari menerbitkan berita mengenai situs G+.

Penulis lepas, wartawan teknologi informasi, hingga blogger kondang menyebut fenomena Google+ sebagai ancaman serius bagi Facebook. Hingga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, telah mengakui bahwa dia langsung membuat akun GPlus begitu dibuka dua pekan lalu.

Saya cek hari ini Mark telah memiliki teman di Circle (Lingkaran Teman) akun Google+ sebanyak 184 ribu orang lebih. Tapi dia sama sekali tidak aktif, tidak menulis satu kata pun, tidak mengunggah koleksi foto atau video, tidak menulis komentar di akun GPlus teman-temannya. Ia hanya terdiam, dan diduga karena dia penasaran dengan Google Plus.

Sangat mungkin benar bahwa Facebook tengah ketakutan melihat banyaknya pendaftar baru situs Google+. Buktinya, FB telah memblokir aplikasi-aplikasi yang bisa mengekspor atau memindahkan data-data kontak teman Facebooker ke akun GPlus.

Jelas, Facebook tidak ingin anggotanya ramai-ramai hijrah ke G+. Tapi hal itu memang sedang terjadi. Beberapa teman yang mengomentari tulisan saya di akun Google+ Jarar Siahaanmengatakan, mereka akan menutup akun Facebook mereka karena merasa lebih asyik memakai GPlus.

[relatedPosts]

Apa kelebihan Google Plus dari Facebook atau Twitter

Setelah lima hari ini mendaftarkan akun baru, saya telah menggunakan sebagian besar fitur dan fasilitas Google+. Saya sangat terkesan, karena tidak sulit dipelajari dan banyak fitur menarik yang memudahkan aktivitas selama login dalam akun GPlus. Navigasi menu-menunya mudah diakses dan berjalan mulus. Tampilan halaman Google Plus, seperti ciri khas Google, didominasi warna putih bersih, jadi simpel. Tapi …, fitur-fiturnya …, sangat “wah.” Saya ceritakan sepuluh hal saja dulu dari apa yang telah saya coba di Google+.

Memakai fasilitas Google+ Circles: Lingkaran Teman yang ajaib

1. Ini benar-benar ajaib dibandingkan Facebook. Kalau di FB kita hanya dibatasi mengelompokkan teman ke dalam (kalau tak salah) empat grup (Teman, Keluarga, Rekan Kerja, Teman Satu Sekolah), maka di Google Plus adalah tidak terbatas. Kita bisa menciptakan sebanyak mungkin grup Circle atau Lingkaran, jumlah grup itu tidak dibatasi, dan kita bebas memberikan nama setiap Lingkaran.

2. Grup Circle tertentu bisa disembunyikan. Misalnya anda membuat grup Mantan Pacar (di dalamnya ada beberapa bekas kekasih anda), circle Hindari Orang Ini, lingkaran Sahabat Paling Gokil, grup Penipu-Curigai, atau Tukang Khotbah, dll, semuanya itu bisa disetel sehingga tidak terlihat pada siapa pun kecuali anda sendiri. Teman-teman di dalam grup-grup itu tetap terdaftar sebagai teman anda, tidak terhapus, tapi mereka tidak akan tahu ke dalam Circle yang mana anda mengelompokkan nama-nama mereka.

3. Membatasi siapa atau anggota Lingkaran mana yang postingnya dapat muncul/masuk ke akun Google+ anda. Jika anda tidak suka dengan seorang teman yang selalu menulis khotbah atau petuah agama, atau teman yang selalu mempromosikan barang jualannya, maka anda dapat menyetel agar setiap posting mereka tidak muncul di halaman akun anda, yaitu pada Stream anda (seperti Wall pada Facebook). Mereka tetap menjadi teman, tapi semua materi yang mereka terbitkan tidak akan memasuki rumah anda. Jadi anda hanya akan melihat konten-konten yang menurut anda menarik atau bagus.

4. Memblokir dengan sopan. Anda dapat memblokir akun teman tertentu, sehingga mereka tidak dapat berinteraksi dengan anda. Mereka tidak bisa memberi tanda suka (+1) dan menulis komentar pada tulisan, foto, atau video yang anda terbitkan. Juga tidak dapat melakukan chatting via webcam dengan anda. Total terblokir. Tapi mereka tidak akan menerima email pemberitahuan dari Google+ bahwa anda telah memblokir mereka, dan mereka tidak bisa melihat bahwa namanya telah masuk dalam Lingkaran Blocked anda.

Kelebihan Google Plus dibanding Facebook: fitur menonton video yang sama dengan teman chat

5. Fitur ini tidak dimiliki Facebook. Saat chatting dengan teman-teman, kalian bisa mencari video Youtube, misalnya video hukum pancung Ruyati, lalu menontonnya secara bersamaan dengan teman chat dan saling mengomentari.

6. Anda tidak hanya dapat melakukan chat dengan teman pengguna Google+ tapi juga dapat chat dengan pemilik email Gmail yang tidak/belum mendaftarkan akun GPlus-nya.

Kelebihan G+ yang juga tidak dimiliki Facebook: Sparks dan mesin pencari Google

7. Di Facebook, anda hanya dapat menyukai (Like) dan menjadi fans barang, lokasi, atau layanan tertentu yang ada di komunitas FB, tapi anda tidak dapat bebas memilih dan mencari topik-topik yang persis dengan minat anda. Di Google Plus anda dapat memakai fitur Sparks. Ketikkan kata-kata kunci tertentu di kotak mesin pencari Google yang terdapat dalam akun G+ anda, lalu simpan semua kata kunci itu. Contohnya: komputer tablet, berita Toba Samosir, video Justin Bieber, kamera digital, atau apa saja. Kapan pun anda mau, dengan sekali klik, maka konten terbaru dari jagat Internet yang terkait kata-kata kunci tadi akan muncul dalam akun anda. Artinya, setiap saat anda memperoleh informasi terbaru sesuai topik dan minat anda tanpa harus keluar dari akun G+.

Kelebihan Google+ terintegrasi dengan banyak layanan Google

8. Dari dalam akun GPlus, anda dapat mengakses layanan lain milik Google. Misalnya mengecek surat yang masuk di Gmail, membaca blog-blog favorit yang tersimpan di software online Google Reader, menerjemahkan tulisan dengan Google Translate, dll.

Kotak Notifications G+ yang memudahkan banyak hal

9. Saya sangat sering memakai fasilitas ini dan merupakan favorit saya. Kotak Notifications akan selalu memberikan sinyal lewat bulatan kecil merah ketika ada aktivitas terbaru oleh teman-teman anda. Siapa yang baru saja menambahkan anda sebagai Teman pada Circle-nya, siapa yang mengomentari konten anda dan apa isi komentarnya, siapa yang belum menjadi Teman tapi dia sudah menambahkan anda ke Lingkarannya, siapa yang memberi tanda suka +1 pada konten atau komentar anda, dll. Semuanya itu dalam satu kotak yang bisa dibuka-tutup pada sudut kanan halaman GPlus anda. Dan untuk menanggapi hal-hal tersebut — misalnya menandai seseorang sebagai Teman di Circle, menyetop update atas sebuah konten, menanggapi komentar, dll — anda tidak perlu harus mengeklik/membukanya di halaman baru, tetapi semuanya bisa dilakukan dalam kotak Notifications. Anda akan bisa senantiasa aktif berinteraksi dengan teman-teman G+ tanpa perlu meninggalkan halaman utama yang sedang anda buka.

Kelebihan GPlus yang plus-plus

10. Kelebihan Google Plus yang kesepuluh ini sengaja saya tidak ceritakan, saya tunda dulu, karena sebenarnya masih banyak keunggulan Google+ dibandingkan Facebook.

http://jararsiahaan.com/google-plus-gplus/kelebihan-google-plus-dibanding-facebook/376/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: