Sejarah dan Pengertian Genre-Genre Lagu

Pop Musik
Musik populer atau Musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyakan bersifat komersial.

Power Pop
Power Pop identik pada musik yang memiliki harmonisasi vokal yang tajam dan padat, serta riff gitar yang jangly dan powerful tentunya. Pada umumnya band-band seperti ini mempunyai lagu-lagu yang sangat melodius dan sangat mudah dipahami dan dimengerti.

Progressive Rock
Progressive rock atau sering disingkat prog adalah jenis musik yang mulai berkembang pada akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya di tahun 70-an, menggabungkan elemen-elemen dari rock, jazz dan musik klasik. Kadang pengaruh dari blues dan musik tradisional juga terasa.

Scream
Scream adalah teknik vokal yg sering digunakan oleh band2 aliran2 cadas, Scream sendiri definisinya berbeda di setiap genrenya
-Hard Rock/Heavy Metal): Scream adalah teknik vokal yg identik sgn suara nyaringnya
-Punk Rock/HaCe: Scream adalah teriakan2 berbentuk yel2 (yg juga kadang2 dibilang “Shouting”).kadang2 teknik vokal ini digunakan bersama2 (seperi aliran musik Oi!)
-Extreme Metal/Post-Hardcore: Scream seperti yg kita kenal sekarang ini

Sludge Metal
Sludge metal adalah subgenre heavy metal yang mengadopsi doom metal dengan hardcore punk. Sebagai tambahan, musik ini seringkali mengambil inspirasi dari sumber yang berbeda yakni industrial dan Southern rock. Sludge metal secara khas agresif dan abrasif; sering menggunakan teriakan lantang (shouting), instrumen yang didistorsi secara berat dan perbedaan tempo yang tajam. Gaya musik ini diawali oleh Melvins dari Washington, banyak dari pelopor awalnya berasal dari Lousiana.

SMOOTH JAZZ
Smooth jazz adalah salah satu bentuk jazz, sering kali percampuran dengan R&B. Smooth jazz berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion, dan cenderung memberi tekanan pada melody dibanding kepada improvisasi.

thrash metal

Thrash Metal adalah subgenre dari musik heavy metal, salah satu jenis musik ekstrim metal yang yang agresif dan menggunakan riff2 gitar yang cepat. tema yang diusung oleh band2 thrash biasanya berkaitan dengan isu social dan berlirik tajam . Asal-usul thrash metal adalah ketika ke 1970-an dan awal 1980-an, saat sejumlah band mulai menggabungkan suara dari New Wave of British Heavy Metal, dan sikap dari gerakan punk, sehingga menciptakan sebuah genre baru dan berkembang menjadi gerakan yang terpisah dari punk rock dan hardcore. Genre ini jauh lebih agresif dibandingkan dengan speed metal umumnya.
di awal taun 1980an The “Big Four” of American thrash metal (Metallica, Slayer Anthrax, Megadeth) adalah pionir yang menggerakkan genre ini dimasanya.

Atmospheric Sludge Metal
Atmospheric Sludge Metal (atau tanpa kata Metal) adalah nama lain dari Post-Metal yg dibuat karena banyak band2 Post-Metal yg jijay dgn term Post-Metal (seperti Rosetta dan Pelican), namun term ASM juga dibuat karena musik Post-Metal sendiri kalo dihubungkan dgn dunia metal mendekati musik Sludge Metal (seperti Cult of Luna dan Mouth of the Architect yg style chordnya mendekati Sludge/Doom) namun juga disuguhi aroma Atmospheric. situs Metal terbesar di dunia maya yaitu Metal Archives juga memakai term Atmospheric Sludge untuk mendeskripsikan band2 Post-Metal

Grunge

(kadang-kadang disebut juga Seattle sound) adalah sebuah sub genre dari Alternative Rock yang muncul pada pertengahan 1980-an (dan menjadi booming pada 90-an) di negara Amerika Washington, khususnya di wilayah Seattle. Terinspirasi oleh Punk Rock/Hardcore Punk, Heavy Metal/Sludge, Hard Rock dan Indie Rock, Grunge umumnya dikenali melalui suara distorsi gitar yang berat dan lirik melankonis atau apatistik.
Gerakan awal grunge mulai terlihat pada akhir tahun 1980-an di sekitar Seattle melalui label independen Sub Pop. dan pencetus pertama dari term Grunge itu sendiri berasal dari kata-kata Mark Arm, gitaris/vokalis dari Mudhoney saat ini untuk mendeskripsikan musik dari bandnya yang terdahulu sebelum Mudhoney, yaitu Green River dengan kata-kata “Pure Grunge! Pure Noise! Pure Shit!”.
Green River sendiri dipercaya sebagai awal mula band yang memainkan musik Grunge, jadi yang berkata bahwa Nirvana pencetus/Godfather of Grunge itu salah besar CMIIW

http://inspirationarticle.blogspot.com/2011/01/sejarah-dan-pengertian-genre-genre-lagu_10.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: