Rumus “y = mx + c” buat semua soal garis lurus

emen-temen, berbeda dari postingan yang sebelumnya, kali ini Q akan coba bahas tentang matematika. Coz, Q suka banget pelajaran yang eksak, selain fisika Q juga suka matematika. Kali ini Q akan bahas tentang garis lurus. Kebanyakan anak SMP (menurut observasiQ) mempunyai masalah tentang garis lurus ini. Alasan utama mereka adalah banyaknya rumus yang harus dihafalkan pada bab garis lurus ini. mulai dari mencari gradien, mencari persamaan garis yang melewati 2 titk / 1 titik, mencari titik potong 2 garis dan lain sebagainya. Rumus yang sekian banyak membuat para siswa menjadi tambah pusing sehingga pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak daoat diterima dengan baik.
Pada postingan ini, Q mw ngasik tahu bagaimana caranya bisa paham garis lurus tapi tanpa perlu menghafal banyak rumus. MenurutQ kuncinya hanya pada 1 persamaan (rumus) yaitu “y = mx + c”. y = titik ordinat, m = gradient, x = titik absis, c = titik pada sumbu y yang dilewati garis. Dengan satu rumus ini kita dapat memecahkan semua soal yang berkaitan dengan garis lurus. Contoh :

1. Carilah persamaan garis yang melewati titik (3,2) dan bergradien 1!
Caranya, kita pakai rumus y = mx + c. Kita substitusikan (3,2) ke persamaan tersebut sehingga kita peroleh 2 = 1.3 + c, dan c = 2 – 3 = -1. C sudah kita dapatkan yaitu c = -1, sehingga kita menemukan bahwa persamaan garis yang melewati titik (3,2) dan bergradien 1 adalah y = 1x + (-1) = x – 1

2. Carilah persamaan garis yang melewati titik (1,0) dan (3,-2)!
Caranya, sama dengan soal nomor 1 yaitu kita pakai rumus y = mx + c. Kedua, kita harus mencari dulu gradiennya, m = Δy / Δx = -2 – 0 / 3 – 1 = -2 / 2 = -1. Telah kita dapatkan bahwa m = -1, Lalu kita substitusikan m, x, dan y ke rumus y = mx + c (untuk x dan y, kita dapat memilih salah satu dari titik-titik yang dilewati garis) sehingga kita dapatkan 0 = -1.1 + c, c = 0 – (-1) = 1. Kita telah dapatkan c = 1 sehingga persamaan garis yang melewati titik (1,0) dan (3,-2) adalah y = -1x + 1 = -x + 1

3. Garis p yang melewati titik (8,1) dan bergradien -3 berpotongan di titik O dengan garis l yang mempunyai persamaan y = 3x + 5. Carilah koordinat titik O!
Yang harus pertama kita lakukan adalah mencari persamaan garis p dengan cara seperti soal no. 1. Sehingga kita dapatkan y = -3x + 25. Lalu untuk mencari koordinat titik O, kita menggunakan SPLDV (Sistem persamaan linier dua variabel). 
y = 3x + 5, y = -3x + 25, sehingga 3x + 5 = -3x + 25, 6x = 20, x = 10/3. Lalu kita mencari y, y = 3x + 5 = 3.10/3 + 5 = 15. Kita dapatkan x = 10/3, y = 15 sehingga koordinat titik O = (10/3 , 15).

http://raf1816phyboy.blogspot.com/2009/03/rumus-y-mx-c-buat-semua-soal-garis.html

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: